Ragam Bahasa dari Beberapa Unsur

     Dalam bahasa Indonesia terdapat beberapa ragam. Ragam bahasa Indonesia terbagi menjadi beberapa unsur, yaitu berdasarkan media, berdasarkan cara pandang penutur, dan berdasarkan topic pembicaraannya.

     Saya akan menjelaskan ketiga ragam bahasa Indonesia. Pertama adalah berdasarkan media. Dalam ragam bahasa berdasarkan media terdiri dari 2 unsur, yaitu ragam bahasa berdasarkan lisan dan ragam bahasa berdasarkan tulisan. Dalam ragam bahasa berdasarkan lisan, ketepatan dalam memilih kata dan bentuk kata serta kelengkapan unsur-unsur di dalam struktur kalimat tidak menjadi ciri kebakuan dalam ragam baku lisan karena situasi dan kondisi pembicaraan menjadi pendukung di dalam memahami makna yang disampaikan secara lisan. sedangkan dalam ragam bahasa tulisan, kalimat yang diucapkan tidak bergantung oleh situasi pemakaian. Sehingga dalam ragam bahasa tulisan diperlukan kecermatan dan ketepatan dalam pemilihan kata.

     Ragam bahasa berdasarkan penutur merupakan ragam bahasa yang diucapkan berbeda-beda oleh pembicara dengan lawan berbicaranya. sebagai contoh :
1. Ragam dialek
    "Gue udah baca buku itu."
2. Ragam terpelajar
    "Saya sudah membaca buku itu."
3. Ragam resmi
    "Saya sudah membaca buku itu."
4. Ragam tidak resmi
    "Saya sudah baca buku itu."

     Selanjutnya adalah ragam bahasa berdasarkan topic pembicaraannya. Dalam ragam bahasa berdasarkan topic pembicaraannya, digunakan berdasarkan topic yang sedang berlangsung. seperti contohnya adalah topic hukum, sastra, bisnis, dan lainnya.

     Kesimpulannya, bahwa ragam bahasa Indonesia itu terbagi menjadi beberapa unsur. yaitu ragam bahasa berdasarkan media, berdasarkan penutur, dan ragam bahasa berdasarkan topic pembicaraannya. dalam berdasarkan media terbagi menjadi lisan dan tulisan. ragam bahasa penutur merupakan ragam bahasa yang diucapkan berbeda-beda oleh pembicara. dan ragam bahasa berdasarkan topic pembicaraannya merupakan ragam bahasa yang digunakan sesuai dengan topic yang sedang berlangsung.

sumber

Comments

Popular posts from this blog

Menentukan Pola Kalimat

Hubungan Manajemen dengan Organisasi

LAPORAN TAMAN KOTA BEKASI