Game Engine

Sebuah mesin permainan adalah kerangka kerja perangkat lunak yang dirancang untuk penciptaan dan pengembangan video game. Pengembang video game menggunakannya untuk membuat game untuk konsol video game, perangkat mobile dan komputer pribadi. Fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render ("renderer") untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan deteksi (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, memori manajemen, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Proses pengembangan game sering dihemat, sebagian besar, dengan menggunakan kembali / mengadaptasi mesin permainan yang sama untuk membuat game yang berbeda, atau untuk membuatnya lebih mudah untuk "port" games untuk berbagai platform.

Sebuah mesin permainan adalah perangkat lunak, yaitu beberapa algoritma, bertanggung jawab untuk permainan mekanik dan benar-benar berbicara bukan mesin rendering. Seperti misalnya mesin fisika, mesin rendering hanya middleware. Mesin rendering bertanggung jawab untuk rendering atau render 3D lebih dan tidak untuk permainan mekanik.

Dalam banyak kasus mesin permainan menyediakan seperangkat alat pengembangan visual di samping komponen software digunakan kembali. Alat-alat ini umumnya diberikan dalam sebuah lingkungan pengembangan terintegrasi untuk memungkinkan disederhanakan, perkembangan pesat game secara data-driven. Pengembang mesin permainan mencoba untuk "pre-menciptakan roda" dengan mengembangkan software suite yang kuat yang meliputi banyak unsur pengembang game mungkin perlu untuk membangun sebuah permainan. Kebanyakan mesin permainan suite menyediakan fasilitas yang memudahkan pengembangan, seperti grafik, suara, fisika dan fungsi AI. Mesin permainan ini kadang-kadang disebut "middleware" karena, seperti dengan naluri bisnis istilah, mereka menyediakan sebuah platform perangkat lunak yang fleksibel dan dapat digunakan kembali yang menyediakan semua fungsionalitas inti yang dibutuhkan, langsung dari kotak, untuk mengembangkan aplikasi game sambil mengurangi biaya , kompleksitas, dan waktu-ke-pasar -. semua faktor penting dalam industri video game yang sangat kompetitif Gamebryo, JMonkey Mesin dan RenderWare program middleware banyak digunakan seperti

Seperti solusi middleware lain, mesin permainan biasanya menyediakan platform abstraksi, yang memungkinkan permainan yang sama untuk dijalankan pada berbagai platform termasuk game konsol dan komputer pribadi dengan sedikit, jika ada, perubahan yang dibuat ke kode sumber permainan. Seringkali, mesin permainan dirancang dengan arsitektur berbasis komponen yang memungkinkan sistem tertentu dalam mesin yang akan diganti atau diperpanjang dengan lebih khusus (dan sering kali lebih mahal) komponen middleware permainan seperti Havok untuk fisika, Miles Sound System untuk suara, atau Bink untuk Video. Beberapa mesin permainan seperti RenderWare bahkan dirancang sebagai seri game longgar terhubung komponen middleware yang dapat selektif dikombinasikan untuk membuat mesin kustom, bukan pendekatan yang lebih umum dari memperluas atau menyesuaikan solusi terintegrasi yang fleksibel. Namun diperpanjang tercapai, hal itu tetap menjadi prioritas tinggi untuk mesin permainan karena berbagai macam kegunaan yang mereka diterapkan. Meskipun kekhususan nama, mesin permainan yang sering digunakan untuk jenis lain dari aplikasi interaktif dengan real-time kebutuhan grafis seperti demo pemasaran, visualisasi arsitektur, simulasi pelatihan, dan lingkungan pemodelan. 

Beberapa mesin permainan hanya menyediakan real-time 3D kemampuan rendering bukan berbagai fungsi yang dibutuhkan oleh game. Mesin ini bergantung pada pengembang game untuk melaksanakan sisa fungsi ini atau merakit dari komponen permainan middleware lainnya. Jenis mesin umumnya disebut sebagai "mesin grafis," "mesin rendering," atau "mesin 3D" bukan istilah yang lebih mencakup "mesin permainan." Terminologi ini tidak konsisten digunakan sebagai banyak mesin permainan 3D dengan fitur lengkap yang disebut hanya sebagai "mesin 3D." Beberapa contoh dari mesin grafis yang: Crystal Space, Genesis3D, Irrlicht, OGRE, RealmForge, TrueVision3D, dan Vision Engine. Permainan atau grafis modern mesin umumnya memberikan grafik adegan, yang merupakan representasi berorientasi objek dari dunia permainan 3D yang sering menyederhanakan desain game dan dapat digunakan untuk render yang lebih efisien dari dunia maya yang luas.

Sebagai usia teknologi, komponen mesin dapat menjadi usang atau tidak cukup untuk kebutuhan proyek tertentu. Karena kompleksitas pemrograman mesin yang sama sekali baru dapat mengakibatkan penundaan yang tidak diinginkan (atau mengharuskan bahwa proyek harus benar-benar restart), tim pengembangan dapat memilih untuk memperbarui mesin yang ada dengan fungsi yang lebih baru atau komponen.

contoh game engine yang digunakan untuk game game terbaru ditahun 2015 :

CryEngine
Unreal Engine
Unity


sumber : Wikipedia

Comments

Popular posts from this blog

Menentukan Pola Kalimat

Hubungan Manajemen dengan Organisasi

LAPORAN TAMAN KOTA BEKASI