Tipe dan Struktur Organisasi
Tipe atau Bentuk organisasi
Tipe Organisasi Didefinisikan sebagai mekanisme-mekanisme formal
organisasi yang sudah diolah. Struktur ini terdiri dari unsur spesialisasi
kerja, standarisasi, koordinasi, sentralisasi atau desentralisasi dalam
pembuatan keputusan dan ukuran satuan kerja.
Faktor-faktor yang menentukan perancangan tipe organisasi yaitu
:
- Strategi
organisasi pencapaian tujuan.
- Perbedaan
teknologi yang digunakan untuk memproduksi output.
- Kemampuan
dan cara berpikir.
- Besarnya
organisasi dan satuan kerjanya mempengaruhi struktur organisasi.
Unsur-unsur tipe organisasi terdiri dari :
- Spesialisasi
kegiatan
- Koordinasi
kegiatan
- Standarisasi
kegiatan
- Sentralisasi
dan desentralisasi pembuatan keputusan
- Ukuran
satuan kerja
Bentuk-bentuk Organisasi Bagan organisasi memperlihatkan tentang
susunan fungsi-fungsi dan departementasi yang menunjukkan hubungan kerja sama.
Bagan ini menggambarkan lima aspek utama suatu struktur organisasi, yaitu :
- Pembagian
kerja
- Rantai
perintah
- Tipe
pekerjaan yang dilaksanakan
- Pengelompokan
segmen-segmen pekerjaan
- Tingkatan
manajemen
Adapun cara penggambaran bagan struktur organisasi menurut Henry
G. Hodges dapat digambarkan sebagai berikut :
- Bentuk
Piramidal
- Bentuk
Vertikal
- Bentuk
Horisontal
- Bentuk
Melingkar
Pengertian Pengorganisasian
Pengorganisasian merupakan fungsi kedua dalam Manajemen dan
Pengorganisasian yang dapat diartikan sebagai proses kegiatan penyusunan
struktur organisasi sesuai dengan tujuan-tujuan, sumber-sumber, dan
lingkungannya. Dengan demikian hasil dari pengorganisasian adalah struktur
organisasi.
Pengertian Struktur Organisasi
Struktur organisasi adalah sekumpulan komponen-komponen
(unit-unit kerja) yang telah disusun dalam organisasi. Struktur organisasi
berguna untuk menunjukkan adanya beberapa pembagian kerja dan menunjukkan
bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda agar bisa
dikoordinasikan . Selain itu struktur organisasi juga menunjukkan
spesialisasi-spesialisasi pekerjaan, saluran perintah dan penyampaian laporan.
Menurut Keith Davis ada 6 bagan bentuk struktur organisasi yaitu
:
1.Bentuk Vertikal
Dalam bentuk ini, sistem organisasi pimpinan sampai organisasi
atau pejabat yang lebih rendah digariskan dari atas ke bawah secara vertikal.
2.Bentuk Mendatar / Horizontal
Dalam bentuk ini, saluran wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai
dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun atau digariskan
dari kiri kea rah kanan atau sebaliknya.
3.Bentuk Lingkaran
Dalam bentuk lingkaran, saluran wewenangnya dari pucuk pimpinana
sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari pusat
lingkaran ke aarah bidang lingkaran.
4.Bentuk Setengah Lingkaran
Dalam bentuk ini, saluran wewenang dari pucuk pimpinan sampai
dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari pusat
lingkaran kea rah bidang bawah lingkaran atau sebaliknya
5.Bentuk Elliptical
Dalam bentuk ini, saluran wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai
dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah digambarkan dengan pusat
Elips kearah bidang elips
6.Bentuk Piramid terbalik
Dalam bentuk ini, saluran wewenang dari pucuk pimpinan sampai
dengan organisasi atau pejabat terendah digambarkan dalam susunan berbentuk
piramid terbalik.
Menurut saya, dalam organisasi terbagi atas beberapa tipe dan juga
bentuk. Mengapa organisasi harus dibagi menjadi beberapa tipe dan bentuk? Karena
dalam organisasi, kita tidak hanya focus kedalam satu tujuan yang sama, akan
tetapi tujuan dalam organisasi itu berbeda beda. Seperti organisasi didalam
perkantoran dengan organisasi disekolah. Dalam hal ini, tujuan dari organisasi
tersebut tidaklah sama. Akan tetapi, memiliki tujuan tujuan tertentu.
Dalam suatu organisasi, terdapat beberapa factor yang
memperngaruhi perancangan dalam suatu organisasi. Factor tersebut diantaranya
adalah strategi organisasi pencapaian tujuan. Jadi dalam mencapai tujuan, kita
harus mengatur cara kita dalam merancang suatu organisasi tersebut. Perbedaan
teknologi yang digunakan untuk memproduksi output. Mengapa teknologi menjadi
sesuatu yang penting? Karena perbedaan dalam hal teknologi dapat membuat suatu
perbedaan yang besar terhadap kelangsungan perancangan organisasi kita. Kemampuan
dan cara berpikir, dalam cara berpikir juga menentukan hasil dan juga tujuan
kita dalam perancangan organisasi. Serta kemampuan setiap individu dalam
berorganisasi juga menjadi peran yang penting.
Besarnya organisasi dan satuan kerjanya mempengaruhi struktur
organisasi. Dalam hal ini, jika suatu organisasi itu semakin besar maka akan
dibutuhkan banyak sekali individu didalamnya dan juga organisasi yang terjadi
akan menjadi semakin besar. Sebaliknya, jika semakin kecil maka individu yang
terlibat dalam organisasi didalamnya tidak sebanyak dibandingkan dengan
organisasi besar. Akan tetapi, akan lebih mudah bagi kita untuk mengatur sebuah
organisasi tersebut.
Dalam bentuk bentuk organisasi, dibagi menjadi beberapa bagian
juga. Hal ini dimaksudkan agar setiap bagian memiliki tugas masing masing dan
dapat melaksanakan organisasi dengan baik dan benar. Bagian bentuk dalam
organisasi ini menampilkan tentang susunan fungsi-fungsi dan departementasi
yang menunjukkan hubungan kerja sama. Jadi, susunan fungsi fungsi menjadikan
organisasi lebih terstruktur dan menjadikan organisasi suatu kegiatan yang
tersusun dan terstruktur.
Struktur organisasi adalah sekumpulan komponen-komponen
(unit-unit kerja) yang telah disusun dalam organisasi. Dalam struktur
organisasi, dibagi menjadi beberapa bagian. Bagian bagian tersebut memiliki
peran dan tugasnya masing-masing serta bertanggung jawab atas tugasnya
tersebut. Dalam struktur organisasi, kita dapat mengetahui bagaimana beberapa pembagian kerja dan menunjukkan
bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda agar bisa
dikoordinasikan.
Selain itu struktur organisasi juga menunjukkan
spesialisasi-spesialisasi pekerjaan. Spesialisasi ini dimaksudkan dalam setiap
bagian memiliki keahlian dan kemampuan dalam bidang yang dipegang. Jadi setiap
bagian memiliki fungsi dan keahliannya masing masing.
Struktur Organisasi juga merupakan suatu kerangka yang
menunjukkan seluruh kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk mencapai tujuan
organisasi, yang berhubungan dengan fungsi, wewenang dan tanggung jawab untuk
mencerminkan mekanisme-mekanisme formal pada pengelolaan organisasi
Comments
Post a Comment