Tipe dan Struktur Organisasi

Tipe atau Bentuk organisasi

Tipe Organisasi Didefinisikan sebagai mekanisme-mekanisme formal organisasi yang sudah diolah. Struktur ini terdiri dari unsur spesialisasi kerja, standarisasi, koordinasi, sentralisasi atau desentralisasi dalam pembuatan keputusan dan ukuran satuan kerja.


Faktor-faktor yang menentukan perancangan tipe organisasi yaitu :

-          Strategi organisasi pencapaian tujuan.
-          Perbedaan teknologi yang digunakan untuk memproduksi output.
-          Kemampuan dan cara berpikir.
-          Besarnya organisasi dan satuan kerjanya mempengaruhi struktur organisasi.

Unsur-unsur tipe organisasi terdiri dari :

-          Spesialisasi kegiatan
-          Koordinasi kegiatan
-          Standarisasi kegiatan
-          Sentralisasi dan desentralisasi pembuatan keputusan
-          Ukuran satuan kerja

Bentuk-bentuk Organisasi Bagan organisasi memperlihatkan tentang susunan fungsi-fungsi dan departementasi yang menunjukkan hubungan kerja sama. Bagan ini menggambarkan lima aspek utama suatu struktur organisasi, yaitu :

-          Pembagian kerja
-          Rantai perintah
-          Tipe pekerjaan yang dilaksanakan
-          Pengelompokan segmen-segmen pekerjaan
-          Tingkatan manajemen

Adapun cara penggambaran bagan struktur organisasi menurut Henry G. Hodges dapat digambarkan sebagai berikut :

-          Bentuk Piramidal
-          Bentuk Vertikal
-          Bentuk Horisontal
-          Bentuk Melingkar

Pengertian Pengorganisasian

Pengorganisasian merupakan fungsi kedua dalam Manajemen dan Pengorganisasian yang dapat diartikan sebagai proses kegiatan penyusunan struktur organisasi sesuai dengan tujuan-tujuan, sumber-sumber, dan lingkungannya. Dengan demikian hasil dari pengorganisasian adalah struktur organisasi.

Pengertian Struktur Organisasi

Struktur organisasi adalah sekumpulan komponen-komponen (unit-unit kerja) yang telah disusun dalam organisasi. Struktur organisasi berguna untuk menunjukkan adanya beberapa pembagian kerja dan menunjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda agar bisa dikoordinasikan . Selain itu struktur organisasi juga menunjukkan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan, saluran perintah dan penyampaian laporan.


Menurut Keith Davis ada 6 bagan bentuk struktur organisasi yaitu :

1.Bentuk Vertikal

Dalam bentuk ini, sistem organisasi pimpinan sampai organisasi atau pejabat yang lebih rendah digariskan dari atas ke bawah secara vertikal.

2.Bentuk Mendatar / Horizontal

Dalam bentuk ini, saluran wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun atau digariskan dari kiri kea rah kanan atau sebaliknya.

3.Bentuk Lingkaran

Dalam bentuk lingkaran, saluran wewenangnya dari pucuk pimpinana sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari pusat lingkaran ke aarah bidang lingkaran.

4.Bentuk Setengah Lingkaran

Dalam bentuk ini, saluran wewenang dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari pusat lingkaran kea rah bidang bawah lingkaran atau sebaliknya


5.Bentuk Elliptical

Dalam bentuk ini, saluran wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah digambarkan dengan pusat Elips kearah bidang elips

6.Bentuk Piramid terbalik

Dalam bentuk ini, saluran wewenang dari pucuk pimpinan sampai dengan organisasi atau pejabat terendah digambarkan dalam susunan berbentuk piramid terbalik.



Menurut saya, dalam organisasi terbagi atas beberapa tipe dan juga bentuk. Mengapa organisasi harus dibagi menjadi beberapa tipe dan bentuk? Karena dalam organisasi, kita tidak hanya focus kedalam satu tujuan yang sama, akan tetapi tujuan dalam organisasi itu berbeda beda. Seperti organisasi didalam perkantoran dengan organisasi disekolah. Dalam hal ini, tujuan dari organisasi tersebut tidaklah sama. Akan tetapi, memiliki tujuan tujuan tertentu.

Dalam suatu organisasi, terdapat beberapa factor yang memperngaruhi perancangan dalam suatu organisasi. Factor tersebut diantaranya adalah strategi organisasi pencapaian tujuan. Jadi dalam mencapai tujuan, kita harus mengatur cara kita dalam merancang suatu organisasi tersebut. Perbedaan teknologi yang digunakan untuk memproduksi output. Mengapa teknologi menjadi sesuatu yang penting? Karena perbedaan dalam hal teknologi dapat membuat suatu perbedaan yang besar terhadap kelangsungan perancangan organisasi kita. Kemampuan dan cara berpikir, dalam cara berpikir juga menentukan hasil dan juga tujuan kita dalam perancangan organisasi. Serta kemampuan setiap individu dalam berorganisasi juga menjadi peran yang penting.

Besarnya organisasi dan satuan kerjanya mempengaruhi struktur organisasi. Dalam hal ini, jika suatu organisasi itu semakin besar maka akan dibutuhkan banyak sekali individu didalamnya dan juga organisasi yang terjadi akan menjadi semakin besar. Sebaliknya, jika semakin kecil maka individu yang terlibat dalam organisasi didalamnya tidak sebanyak dibandingkan dengan organisasi besar. Akan tetapi, akan lebih mudah bagi kita untuk mengatur sebuah organisasi tersebut.

Dalam bentuk bentuk organisasi, dibagi menjadi beberapa bagian juga. Hal ini dimaksudkan agar setiap bagian memiliki tugas masing masing dan dapat melaksanakan organisasi dengan baik dan benar. Bagian bentuk dalam organisasi ini menampilkan tentang susunan fungsi-fungsi dan departementasi yang menunjukkan hubungan kerja sama. Jadi, susunan fungsi fungsi menjadikan organisasi lebih terstruktur dan menjadikan organisasi suatu kegiatan yang tersusun dan terstruktur.
Struktur organisasi adalah sekumpulan komponen-komponen (unit-unit kerja) yang telah disusun dalam organisasi. Dalam struktur organisasi, dibagi menjadi beberapa bagian. Bagian bagian tersebut memiliki peran dan tugasnya masing-masing serta bertanggung jawab atas tugasnya tersebut. Dalam struktur organisasi, kita dapat mengetahui bagaimana  beberapa pembagian kerja dan menunjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda agar bisa dikoordinasikan.

Selain itu struktur organisasi juga menunjukkan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan. Spesialisasi ini dimaksudkan dalam setiap bagian memiliki keahlian dan kemampuan dalam bidang yang dipegang. Jadi setiap bagian memiliki fungsi dan keahliannya masing masing.

Struktur Organisasi juga merupakan suatu kerangka yang menunjukkan seluruh kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk mencapai tujuan organisasi, yang berhubungan dengan fungsi, wewenang dan tanggung jawab untuk mencerminkan mekanisme-mekanisme formal pada pengelolaan organisasi






Comments

Popular posts from this blog

Menentukan Pola Kalimat

Hubungan Manajemen dengan Organisasi

LAPORAN TAMAN KOTA BEKASI