Kebudayaan Jawa Tengah

        Kali ini, saya akan memposting kebudayaan saya. yaitu kebudayaan Jawa Tengah. siapa yang tidak mengenal kebudayaan Jawa Tengah?



          kebudayaan Jawa Tengah identik dengan tutur kata atau gaya bahasa yang halus, lemah lembut dan juga sopan santun. kemudian dalam kebudayaan Jawa Tengah, kebiasaan dalam berinteraksi dengan orang yang lebih tua yaitu menundukkan kepala kebawah. itu adalah salah satu kebiasaan yang dilakukan orang Jawa. hal itu dimaksudkan sebagai bentuk sopan santun kita terhadap orang yang berusia lebih dewasa. selain itu, tata cara pada saat makan adalah dengan tidak mengeluarkan suara saat makan, makan dengan tidak terburu-buru dan juga terkadang dalam kebiasaan orang jawa, orang-orang makan dengan tidak menggunakan sendok. selanjutnya dalam hal bercakap, orang-orang Jawa selalu menggunakan bahasa yang sopan dan lemah lembut. berbicara dengan nada yang sangat halus. terutama jika berbicara kepada orang yang berusia lebih tua. dalam hal merayakan sesuatu, banyak orang-orang Jawa membuat sebuah acara yang didalamnya terdapat nasi berwarna khas. yaitu nasi kuning.



nasi kuning terkadang memang dibuat untuk merayakan suatu acara tertentu seperti acara ulang tahun, syukuran, dan acara lainnya.

dalam hal makanan, banyak makanan khas daerah jawa yang ada. contohnya seperti jenang, gudeg, kupat tahu, dll.



dalam budaya Jawa, ada suatu kebiasaan yang dilakukan pada saat hari raya idul fitri tiba. yaitu adalah acara salam-salaman atau disebut juga dengan "sungkeman". 
           Sungkeman adalah acara yang dilakukan oleh orang jawa pada saat hari raya idul fitri. sungkeman memiliki tujuan yaitu untuk saling memaafkan atas apa yang telah diperbuat selama 1 tahun. dalam acara sungkeman, biasanya orang yang lebih tua duduk dikursi atau sofa, dan keluarga melakukan salam-salaman terhadap orang yang tertua. dengan berlutut dan mencium tangannya. sekian tulisan saya tentang kebudayaan dan kebiasaan-kebiasaan masyarakat Jawa. jika ada salah kata, mohon maaf. terimakasih telah meluangkan waktunya untuk membaca tulisan saya ini. terimakasih


sumber : tulisan sendiri
gambar : google


Comments

Popular posts from this blog

Menentukan Pola Kalimat

Hubungan Manajemen dengan Organisasi

LAPORAN TAMAN KOTA BEKASI